WELCOME....

Format hardisk FAT32

Kamis, 24 Juli 2014

Pagi kawan,

Pada hari ini  saya  mau mengunkapkan kekesalan saya, kemarin saya diminta untuk format hardisk external dari format NTFS menjadi FAT32,agar bisa dibaca di MAC OS, karena biasanya NTFS hanya untuk windows. Saya menggunakan format menggunakan cmd yang lama, dan gagal, bisa berhasil dengan sebuah software FAT32 FORMAT yang ga sampe 5 menit formatnya.

Biasanya saya kalau format menggunakan klik kanan di partisi yang ingin di format lalu klik format, tapi ternyata tidak ada pilihan FAT32.


Akhirnya saya menggunakan format hardisk menggunakan command prompt, caranya seperti ini : 



  1. Buka cmd
  2. ketikan FORMAT /FS: FAT32 X: ("X adalah nama partisi yg akan di format"). Contoh saya ingin format partisi I: maka saya mengetik FORMAT /FS: FAT32 I:  lalu Enter
  3. biasanya anda akan diminta memasukan title partisinya, masukan saja sesuka anda, ini hanya untuk menamai sebuah partisi, namun ada juga yang tidak menamai partisinya, langsung ke proses no 4
  4. Jika anda sudah yakin ketik y lalu enter
  5. tunggu dah sampe 100 persen, ini proses termasuk lama juga, 1 persen aja bisa nyampe setengah jaman. Sampai waktu jam 5sore, waktunya pulang kerja aja masih belom selesai, ya udah saya ga matiin komputernya. Saya juga masih ga tau kenapa bisa lama seperti ini formatnya. Atau mungkin karena ada datanya.
Kurang lebih seperti ini screenshootnya format menggunakan cmd:

Dan keselnya saya setelah saya datang ke kantor pagi2, eh di command prompt bilangnya failed, The volume is too big for FAT32.


Akhirnya saya browsing-browsing dan saya dapat cara penyelesainya, dengan menggunakan software FAT32 FORMAT, progamnya opensource dan ukurnya pun hanya 76.0 KB, yang saya download dari http://www.pendriveapps.com/format-fat32-larger-than-32gb/ Teman-teman juga bisa donasi progam ini, karena progamnya memang sangat berguna dan progammernya pun juga memberikan izin download secara gratis.

Tampilan user interface dari sofware ini seperti ini,


Caranya sangat mudah, pertama masukan drive mana yang akan di format, lalu langsung saja input volume label, lalu klik Start deh. Ga nyampe 5menit juga selesai deh. 

Kesimpulannya adalah : 
  1. Jika anda ingin melakukan format hardisk external, ingat harus copy terlebih dahulu file file nya ke dalam hardisk orang lain, karena format mengahapus data dan membuat blok-blok untuk format terbaru
  2. Jika menggunakan cmd untuk format fat32 pastikan kapasitas hardisknya tidak lebih dari 32GB karena kalau lebih dari 32GB pasti akan gagal, untuk mengatasinya adalah menggunakan bantuan software FAT32 FORMAT
  3. "BUKAN HASILNYA TAPI PROSESNYA", dengan proses seperti ini saya mendapatkan pengetahuan baru, agar tidak terulang lagi kalau format FAT32.
Terimakasih kawan. See you....





5 komentar:

Anonim mengatakan...

met malem mas... mf mau tanya Saya punya hdd ex 500gb didaalamnya terdapat 2 partisi contoh H & I
dua partisi tersebut akan saya format menjadi FAT32, setelah saya format cuma bsa partisi I sj yg bs terformat ke FAT32 sementara yg H tdk bs...
saya mita solusinya dong...

Cara Format HDD Ke Fat32 mengatakan...

manthap gan artikelnya, mampir juga ke blog saya ya
http://www.idcheat.com/2014/08/cara-format-harddisk-dari-format-ntfs-ke-format-fat32.html

Unknown mengatakan...

cara mengetahui kalo hardisknya udah fat32 gimana?

Daniel pakpahan mengatakan...

Misi mas, kenapa size hardisk saya kok jadi 100mb?pdhl tadinya 320gb

Daniel pakpahan mengatakan...

Misi mas, kenapa size hardisk saya kok jadi 100mb?pdhl tadinya 320gb

Posting Komentar