WELCOME....

Membuat website : Yang harus dilakukan oleh pemilik web

Minggu, 13 Maret 2011

Membuat situs web bukan sepenuhnya pekerjaan web developer. Sebagai pemilik, anda harus ikut terlibat dalam pengembangan situs ini, agar situs anda sesuai dengan tujuan dan keinginan anda. Hal inilah yang jarang disadari oleh para calon pemilik web. Tips berikut ini mudah-mudahan dapat menolong anda, para calon pemilik web, agar pembuatan web yang diserahkan kepada web developer dapat berjalan sukses.

  1. Survey dengan menggunakan search engine, situs contoh dan situs pesaing bisnis. Pelajari dengan baik, kalau perlu tulislah poin-poin terbaik dari situs yang anda survey. Dengan cara ini, sedikit banyak, anda mempelajari bagaimana isi situs yang baik
  2. Dari hasil survey poin pertama, tulis semua keinginan anda mengenai isi situs yang akan dibuat. Sedapat mungkin dibuat secara mendetail. Catatan ini akan menjadi sangat penting, untuk memilah-milah bagian apa yang sangat penting dan yang kurang penting. Jika anda mempunyai anggaran terbatas, maka anda akan memilih point point penting terlebih dahulu untuk di-’eksekusi’.
  3. Usahakanlah untuk membuat sketsa layout halaman (cukup di coretan kertas dengan pinsil, dengan menggambar kotak-kotak yang dinamai). Bayangkan sususan layout web yang akan anda buat. Susun bagian yang memerlukan “eye-catching” pada bagian paling atas/dulu, dan yang kurang penting di bagian berikutnya. Usahakan juga anda membuat sketsa dari seluruh halaman yang diinginkan.
  4. Susun kata kunci (keyword) yang diharapkan sebagai acuan pencarian. Untuk yang satu ini, anda harus membayangkan bagaimana user akan menemukan situs anda di search engine. Tulis semua kata kunci yang bisa anda pikirkan. Kemudian susun sesuai dengan prioritas masing-masing keyword.
  5. Setelah sketsa anda selesai, konsultasikan dengan web developer anda, mengenai sketsa yang telah anda buat. Web developer akan menyarankan beberapa tips kepada anda. Biasanya di perbaikan layout, halaman yang kurang, serta usulan tambahan features. Semakin senior web developer anda, akan semakin baik usulan yang dikemukakannya. Yang patut diperhatikan, web developer tidak lebih tahu bisnis yang sedang anda jalankan. Web developer menguasai teknik pengembangan web dengan baik, tapi tidak mengetahui persis bisnis anda.
  6. Setelah layout tadi selesai dikerjakan, developer web akan mulai menyusun map situs dan mulai menghitung anggaran untuk membuat web. Setelah anda meneliti jumlah biaya yang diajukan oleh web developer, dan anda mempunyai anggaran terbatas, maka usahakan untuk mengurangi bagian yang tidak terlalu penting. Lakukan proses penawaran sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang sudah disepakati bersama.
  7. Tugas anda selanjutnya adalah menyetujui tahap-tahap berikut: design dan development. Pada tahap design, anda akan diminta untuk menyetujui design dasar dari situs yang anda inginkan. Setelah design disetujui, web developer akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Sebelum launch atau online, usahakan untuk mengetes bagian demi bagian sambil memeriksa semua kelengkapan halaman dari spesifikasi yang sudah disetujui bersama dalam spesifikasi di poin 6.
  8. Usahakan untuk mengisi data-data sebelum situs anda di launch. Hal ini penting, agar situs anda langsung akan kelihatan berbobot. Toh tanpa isi, situs anda pun tidak akan berguna sama sekali.
Jika anda sebagai pemilik bisnis tidak mempunyai cukup waktu, maka usahakan delegasikan pekerjaan di atas kepada orang yang benar benar mengetahui bisnis anda dan mengerti tujuan pembuatan web.
Mudah-mudahan tips ini berguna.

0 komentar:

Posting Komentar